Berita

Kabar seputar kegiatan Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan

  • Pembahasan Rencana Usulan Tambahan Anggaran Kegiatan Pemindahan IKN

    Jakarta (12/6). Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan mengundang Kementerian ATR/BPN dan Direktorat Perkotaan, Perumahan dan Permukiman untuk mendiskusikan rencana usulan tambahan anggaran Kementerian ATR/BPN TA 2020 guna mendukung kegiatan Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dan kegiatan Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T).
    Selengkapnya
  • FGD Peran Pemerintah Daerah Terhadap Pengembangan KEK Sei Mangkei

    Medan (23/4). Dalam rangka memantau perkembangan spasial kegiatan/proyek yang dianggap strategis secara nasional, maka Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan pada tahun ini mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) berbasis spasial. Setelah pada tahun 2017 memilih Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, maka tahun ini dipilihlah KEK Sei Mangkei sebagai studi kasus.  FGD yang dilaksanakan di Bappeda Provinsi Sumatera Utara ini bertujuan untuk mendapatkan konfirmasi kondisi terkini perkembangan KEK Sei Mangkei yang mencakup
    Selengkapnya
  • Pengembangan Kawasan Peruntukan Industri Sebagai Salah Satu Strategi Percepatan Pemerataan Pembangunan Industri

    Bekasi, (22/4). Dalam rangka percepatan pemerataan dan penyebaran pembangunan industri ke seluruh wilayah NKRI, Direktorat Perwilayahan Industri Kementerian Perindustrian melakukan pengembangan Kawasan Peruntukan Industri, melalui FGD yang bertemakan "Pengembangan Kawasan Peruntukan Industri Sebagai Salah Satu Strategi Percepatan Pemerataan dan Penyebaran Pembangunan Industri" di Aston Imperial Bekasi. FGD ini juga bertujuan membahas rancangan peraturan menteri yang sedang disusun guna menindaklanjuti amanat PP 26/2008 (Pasal 69) yang mendelegasikan kewenangan menentukan kriteria teknis
    Selengkapnya
  • Terobosan Percepatan Penyusunan Rencana Tata Ruang

    Jakarta, (9/1). Direktur Tata Ruang dan Pertanahan Uke M. Hussein didampingi oleh Kasubdit Tata Ruang Rinella Tambunan menghadiri Breakfast Meeting (BM) Terobosan Percepatan Penyusunan Rencana Tata Ruang (RTR) dalam Rencana Strategis Dirjen Tata Ruang yang diadakan oleh Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN di Hotel 101 Dharmawangsa. 
    Selengkapnya
  • FGD Pokja Analisis Evaluasi Hukum terkait Pertanahan

    Jakarta, (8/10). Anggota Pokja Pertanahan yang terdiri dari BPHN, Kementerian ATR/BPN, Bappenas, perwakilan HUDS serta perwakilan IHCS mendiskusikan kebijakan pemerintah dalam perspektif nilai tanah pada Senin, (8/10) di kantor Gedung BPHN Jakarta. Pada dasarnya tanah mempunyai karakteristik sendiri karena memiliki nilai bagi manusia dan juga makhluk lain. Yang terjadi saat ini peningkatan nilai tanah seringkali tidak terkendali sehingga dalam proses pengadaan tanah untuk kepentingan umum menjadi sulit.
    Selengkapnya