Berita

Kabar seputar kegiatan Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan

  • Pembangunan Kota Baru dan Penataan Kota di Indonesia Tahun 2018

    Jakarta, (15/01). RPJMN 2015-2019 Bidang Perkotaan menetapkan Inkubasi Kota Baru sebagai salah satu sasaran prioritas pembangunan. Tahun 2018 ini Bappenas akan melaksanakan perencanaan lima kota baru publik untuk mencapai 10 (+1) kota baru publik, yakni di Padang, Banjar Baru, Maja, Sofifi, dan Makassar. Bappenas sebagai badan perencanaan nasioanl memaparkan rencana kerja 2018 mencakup pada penetapan delineasi, penetapan tema, penyusunan SK delineasi dan tema, penyusunan dan penetapan RTRWK dan RDTR, serta
    Selengkapnya
  • Penyamaan Persepsi Posisi dan Delineasi RTR Kawasan Perdesaan

    Jakarta, (12/12). Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas mengundang Badan Informasi Geospasial dan Kementerian ATR/BPN untuk membahas posisi dan delineasi RTR Kawasan Perdesaan serta penyamaan persepsi yang nantinya akan menjadi masukan dalam penyusunan Pedoman Penyusunan RTR Kawasan Perdesaan oleh Kementerian ATR/BPN di Tahun Anggaran 2018 dalam mendukung Proyek Prioritas Nasional Pengembangan Wilayah. RTR Kawasan Perdesaan merupakan salah satu jenis RTR Kawasan Strategis Provinsi/Kabupaten.
    Selengkapnya
  • Seminar Sosialisasi Mekanisme Monitoring dan Evaluasi Berbasis Data Spasial

    Jakarta, (22/11). Tahun 2017 ini Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas telah menyusun rancangan Mekanisme Monitoring dan Evaluasi Berbasis Data Spasial dengan mengambil studi kasus Kawasan Industri Prioritas Bitung dan sekitarnya. Maka dari itu dengan telah selesainya kajian ini, Direktorat TRP mengadakan seminar dengan mengundang direktorat lainnya di Bappenas untuk bersama-sama memahami sistem monev yang sedang dikembangkan Pusdatin Kementerian PUPR (Sistem Informasi Geografis Infrastruktur/SIGI) dan Direktorat Sistem dan Prosedur Pemantauan
    Selengkapnya
  • FGD Interkoneksi dengan Dunia Usaha dan Pemasaran Hasil Produksi

    Tangerang, (15/11). Dirjen Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian ATR/BPN mengundang Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas untuk menjadi narasumber FGD Interkoneksi dengan Dunia Usaha dan Pemasaran Hasil Produksi Kegiatan Reforma Agraria di Hotel Novotel Tangerang. Reforma Agraria merupakan amanat Jokowi-JK melalui nawa cita yang dilakukan dengan cara redistribusi tanah dan bantuan pemberdayaan masyarakat (Asset Reform and Access Reform). Sasaran Reforma Agraria adalah mengurangi ketimpangan penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah (P4T)
    Selengkapnya
  • Sinkronisasi IG RTRW Provinsi Kabupaten Kota dengan RZWP3K

    Deputi Bidang Informasi Geospasial Tematik BIG mengundang Direktur Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas untuk mengisi FGD Sinkronisasi Informasi Geospasial RTRW Provinsi Kabupaten dan Kota dengan RZWP3K di Badung, Bali pada Kamis (23/11). FGD ini bertujuan untuk menjaring masukan dan informasi mengenai harmonisasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K).
    Selengkapnya