Berita

Kabar seputar kegiatan Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan

  • Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional 2017

    23

    Kedeputian Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas yang membawahi Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Nasional bersama mitra pembangunan di sektor air minum dan sanitasi mengadakan Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2017 pada 7 November 2017 di Hotel Le Meridien Jakarta.

    KSAN merupakan ajang komunikasi dan advokasi terbesar di sektor Sanitasi dan Air Minum yang dirancang untuk meningkatkan komitmen para pemangku kepentingan untuk mencapai target 100% akses air minum dan sanitasi (Universal Access) di tahun 2019.

    Pada tahun ini tema yang diangkat adalah "Kerja Bersama Kejar Akses Universal", dengan fokus pada penggunaan data transfer pemerintah dan mobilisasi sumber pendanaan alternatif. Sumber dana dari pemerintah antara lain dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa. Untuk sumber dana alternatif dapat dioptimalkan melalui dana swasta lewat skema business to business (B2B), corporate social responsibility (CSR), Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), pembiayaan mikro, dan dana ZISWAF.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2016, capaian akses air minum kini telah mencapai 71,14% dan akses sanitasi 76,37%. Namun, tidak seluruhnya memberikan akses sanitasi yang layak. Hanya 67,2% akses sanitasi yang tersedia dengan layak sedangkan 9,17% hanya memberikan akses sanitasi dasar.

    Target RPJMN tahun 2017 telah mencapai 67,02% akses sanitasi dan 71,14% akses air minum. Di dalam RPJMN juga mengatur skema penganggaran akses universal air minum dan sanitasi, dimana  dapat melalui DAK baik reguler, penugasan maupun afirmasi.

    Pembangunan Indonesia sebaiknya difokuskan pada 4 prioritas padat karya yaitu sekolah, puskesmas, air bersih dan sanitasi. Dari data terkini, masih terdapat 28 juta penduduk Indonesia yang masih BAB tidak pada tempatnya dimana jumlah ini hampir sama dengan jumlah penduduk Australia. [Subdit Infosos]

    Tags:

Komentar

Beri Komentar